-->

Andrikus Mofu Kembali Pimpin Sinode GKI Tanah Papua Periode 2022 - 2027

Andrikus Mofu Kembali Pimpin Sinode GKI Tanah Papua Periode 2022 - 2027


Andrikus Mofu Kembali Pimpin Sinode GKI Tanah Papua Periode 2022 - 2027

Posted: 23 Jul 2022 08:36 PM PDT

Andrikus Mofu Kembali Pimpin Sinode GKI Tanah Papua Periode 2022 - 2027.lelemuku.com.jpg

WAREN, LELEMUKU.COM - Pdt. Andrikus Mofu terpilih menjadi Ketua Badan Pekerja (BP) Am Sinode Gereja Kristen Injili (GKI) di Tanah Papua periode 2017-2022.

Ia akan ditemani dengan para pengurus lainnya yakni; Wakil Ketua Pdt. Hiskia Rollo, Wakil Ketua II Pdt. M Wutoy, M.Th, . Wakil Ketua III : Pnt. Dr Naomi Netty Howai Sagrim, M.Kes, Sekretaris Pdt. Daniel Kaigere, Wakil Sekretaris : Pdt. A Kakiai, S.Th, Bendahara Sym. Erna Theresya Numberi dan Ketua BPPG Yohanes Marani .

Ini merupakan hasi putusan bersama pada pemilihan ketua umum dan penyusunan komposisi pengurus yang dilakukan pada Sidang Sinode GKI di Tanah Papua ke XVIII Waren, Kabupaten Waropen yang dihadiri oleh 368 orang peserta.

Ratusan peserta dari 70 klasis di wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat ini memberikan hak suaranya pada masa Sidang Paripurna V di gedung gereja GKI Betania Waren, Waropen, Jumat (22/7/2022).

Setelah dilakukan amandemen tata gereja GKI, struktur jabatan BP Am Sinode GKI di Tanah Papua berubah dari 5 menjadi 7 anggota.

Pemilihan sendiri dilakukan secara demokratis dengan mengajukan nama bakal calon kepada penitia nominasi yang telah dibentuk untuk didaftarkan dan dimasukan di dalam surat suara pra pemilihan bakal calon.

Dalam aturan pemilihan yang telah diamandemen, ada dua tahapan yang akan dilalui, yaitu pra pemilihan bakal calon dan pemilihan.

Oleh sebab itu bagi bakal calon yang telah diajukan namanya untuk dipilih dalam pra pemilihan bakal calon, suaranya harus mencapai 5 persen dari ambang batas suara. (Kelly)

Bea Cukai Lampung Segel Kontainer Berisi Senjata Ilegal dari Amerika

Posted: 23 Jul 2022 08:21 AM PDT

Bea Cukai Lampung Segel Kontainer Berisi Senjata Ilegal dari Amerika

LAMPUNG, LELEMUKU.COM - Kantor Bea Cukai Pelabuhan Panjang Lampung, Provinsi Lampung melakukan penyegelan  terhadap 1 Tricon Container US Army yang berisi senjata yang tidak tercantum pada daftar ijin impor sementara yg diajukan vendor PT JT Square.

Penyegelan yang dilakukan pada Jumat 22 Juli 2022 pukul 22.00 WIB ini dilanjutkan dengan pemeriksaan isi kontainer pada Sabtu 23 Juli 2022 mulai pukul 08.00 WIB.

Hasil sementara ditemukan lagi senjata yang tidak tercantum pada Daftar ijin impor sementara yg diajukan vendor PT JT Square. (Ashari)


Jokowi Beri Dukung Pada Fenomena Citayam Fashion Week

Posted: 23 Jul 2022 05:30 AM PDT


BOGOR, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo memberikan dukungan positif kepada fenomena Citayam Fashion Week yang marak belakangan terjadi di sebuah area di pusat kota Jakarta. Presiden mengatakan hal tersebut saat menanggapi pertanyaan awak media usai menghadiri Puncak Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2022 di Kebun Raya Bogor, Sabtu, 23 Juli 2022.

"Asalkan positif saya kira nggak ada masalah, jangan diramaikan, hal-hal yang positif itu harus diberikan dukungan dan didorong," ujar Presiden Jokowi.

Lebih lanjut Presiden menambahkan, selama kreativitas tersebut bersifat positif dan tidak melanggar aturan, maka hal tersebut juga perlu didukung.

"Asal tidak menabrak aturan, itu kan kreatif, karya-karya kreativitas seperti itu kenapa harus dilarang, asal sekali lagi tidak menabrak aturan dan tidak melanggar aturan, prinsipnya disitu," jelas Presiden. (Setpres)

Peringatan Hari Anak Nasional, Jokowi Harap Kasus Perundungan Jangan Sampai Terjadi

Posted: 23 Jul 2022 05:00 AM PDT


BOGOR, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo menghadiri acara peringatan Hari Anak Nasional yang digelar di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu, 23 Juli 2022. Dalam kesempatan tersebut, Presiden mengaku senang dapat bisa berinteraksi dan melihat keceriaan dan keaktifan anak-anak yang menunjukkan kreativitasnya.

"Saya senang melihat anak-anak ceria seperti ini dengan kreativitas yang bermacam-macam dengan menunjukkan keaktifannya. Saya kira itulah sebetulnya dunia anak-anak. Jangan kita terlalu memaksa anak-anak untuk sesuai dengan keinginan orang-orang dewasa karena memang anak-anak adalah anak-anak, dunia mereka adalah dunia anak-anak," ujar Kepala Negara.

Kepala Negara mengatakan bahwa anak-anak memiliki dunia bermain dengan keceriaannya mereka masing-masing. Oleh sebab itu, Presiden berharap agar kasus perundungan (bullying) dan segala bentuk kekerasan terhadap anak-anak tidak akan terjadi lagi.

"Inilah yang harus kita jaga bersama-sama agar anak-anak kita ini memiliki dunia bermain, dunia anak-anak dengan keceriaannya mereka. Jangan sampai terjadi lagi yang namanya perundungan," tutur Presiden.

Presiden menuturkan bahwa kasus perundungan yang terjadi merupakan tanggung jawab semua pihak untuk mencegahnya, termasuk orang tua, para pendidik, dan seluruh masyarakat.

"Saya kira perundungan yang namanya penyiksaan fisik, yang namanya kekerasan secara vibal, kekerasan fisik saya kira semuanya jangan terjadi lagi. Dan ini sekali lagi tanggung jawab orang tua, tanggung jawab para pendidik, tanggung jawab sekolah, dan tanggung jawab masyarakat, kita semuanya," ucap Kepala Negara.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menegaskan bahwa semua kasus kekerasan, baik kekerasan fisik maupun seksual harus diproses secara hukum dengan tegas sesuai dengan peraturan yang ada sehingga kasus tersebut tidak akan terjadi lagi ke depannya.

"Karena memang aturannya itu tidak diperbolehkan dan itu ada pidananya. Saya kira penegakan hukum yang keras, penegakan hukum yang tegas terhadap kegiatan-kegiatan yang seperti itu memang menjadi tanggung jawab kita semuanya untuk memagari agar tidak terjadi lagi," tutur Presiden.

Turut mendampingi Presiden dalam kegiatan tersebut antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga, dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Setpres)

Umar wijaya Buka Kegiatan Penyusunan DIPA RKA-KL 2023

Posted: 23 Jul 2022 04:42 AM PDT


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Kegiatan Penyusunan Daftar Isian Penggunaan Anggaran (DIPA) Rencana Kerja Anggaran Kementerian dan Lembaga (RKA-KL) untuk Tahun Anggaran 2023, dibuka secara resmi oleh Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kepulauan Tanimbar (KepTan) AKBP Umar Wijaya, S.I.K., didampingi Wakapolres Hendrik A. Rumsory, S.Sos. Pembukaan kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Bhayangkari Polres KepTan, Kamis (21/07/2022), pukul 10.30 waktu setempat.

Terhadap kegiatan yang dilakukan, Kapolres dalam sambutannya menginginkan agar kegiatan yang dilakukan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh peserta yang hadir untuk menyusun rencana kebutuhan anggaran yang diperlukan oleh masing-masing Substansi Satuan Kerja Polres hingga Polsek Jajaran, dalam mendukung Operasional Polres KepTan pada Tahun Anggaran 2023.

Selain itu, Kapolres juga menyampaikan agar proses Penggunaan Anggaran di lingkungan Polres dan Jajaran, harus tetap sesuai dengan Mekanisme dan aturan Menteri Keuangan dan seefisien mungkin, serta harus memiliki output kegiatan yang jelas sesuai anggaran yang diminta.

"Agar Penggunan Anggaran tetap sesuai dengan Mekanisme dan aturan Menteri Keuangan dan anggaran yang digunakan agar seefisien mungkin dan outputnya harus jelas sesuai anggaran yang diminta, para Perwira yang ada di Sub Satker agar selalu mengecek permintaan anggaran yang diajukan stafnya," pinta Kapolres.

Usai Sambutan, Kapolres Umar Wijaya kemudian membuka secara resmi kegiatan, dilanjutkan dengan Pendalaman DIPA RKA-KL oleh Bagian Perencanaan Polres selaku Penyelenggara, dilanjutkan dengan Penyusunan DIPA RKA-KL Tahun Anggaran 2023 oleh peserta yang hadir.

Kegiatan dimaksud dihadiri oleh para Pejabat Utama, Perwira Staf, serta para Kasium dan Operator jajaran Polres KepTan. (indonesiatimu.co)

Hadiri Hari Anak Nasional, Jokowi Pesan Rajin Belajar dan Jaga Kesehatan

Posted: 23 Jul 2022 04:30 AM PDT


BOGOR, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo menghabiskan akhir pekan bermain bersama anak-anak di Taman Teijsmann, Kebun Raya Bogor, Provinsi Jawa Barat, pada Sabtu, 23 Juli 2022. Hadir dalam Peringatan Puncak Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2022, Presiden tiba sekira pukul 09.10 WIB dengan mengenakan sepeda dari Istana Kepresidenan Bogor.

Sesaat setelah tiba, Presiden disuguhkan dengan penampilan silat bangau putih yang ditampilkan oleh anak-anak dari Persatuan Gerak Tubuh. Presiden tampak sesekali memberikan semangat dan apresiasi atas penampilan dari anak-anak tersebut.

Setelahnya, Presiden mengajak beberapa anak untuk bermain sulap bersama. Salah satu anak yang turut bermain bersama, Rizal, dengan berani menunjukkan trik sulap bunga bersama Presiden dihadapan teman-temannya.

"Ayo teriak lagi, keras, simsalabim keluar bunga," ujar Presiden.

"Simsalabim, keluar bunga," tiru Rizal.

Selain bermain trik sulap, Presiden juga mengajukan beberapa pertanyaan mengenai pengetahuan terkait flora yang ada di Kebun Raya Bogor. Atas keberanian anak-anak untuk maju ke depan, Presiden menghadiahkan sebuah sepeda kepada mereka di HAN tahun ini.

Di akhir dialognya, Presiden mengucapkan selamat hari anak nasional kepada seluruh anak Indonesia. Kepala Negara berpesan kepada anak-anak Indonesia untuk rajin belajar dan tidak lupa menjaga kesehatan di masa pandemi Covid-19 dengan disiplin mematuhi protokol kesehatan utamanya memakai masker.

"Belajar terus ya, belajar, belajar. Jangan lupa berdoa, sembahyang, salat. Ketiga jaga kesehatan, jangan lupa pakai masker di manapun karena Covid sekarang ini masih ada," pesan Presiden.

Peringatan puncak HAN tahun ini digelar mengusung konsep edu ekowisata dengan disediakan zona aktivasi anak yang terdiri dari 11 stan area edukasi untuk anak. Dalam zona tersebut, anak-anak dapat bermain sekaligus mendapatkan edukasi dari permainan yang dimainkan. (Setpres)


Agustinus Lekwarday Kilikily Beri Pesan Saat Hadiri Hari Anak Nasional

Posted: 23 Jul 2022 04:25 AM PDT


TIAKUR, LELEMUKU.COM - Kualitas anak dan generasi muda sangat menentukan tingkat kemajuan sebuah bangsa, setiap anak perlu mendapatkan kesempatan
yang dan seluas-luasnya untuk tumbuh
berkembang secara optimal, baik fisik, mental maupun sosial. Demikian diungkapkan Wakil Bupat Maluku Barat Daya, Agustinus Lekwarday Kilikily, dalam sambutannya pada Peringatan Hari Anak Nasional, di SMA Negeri 13 Tiakur, Sabtu (23/07/2022).

Kilikily tegaskan, anak juga harus memperoleh perlindungan dan memperoleh hak-haknya.
"Upaya anak membangun karakter merupakan kewajiban berkelanjutan dan hasilnya akan terlihat dalam beberapa dekade mendatang.
Pemenuhan atas hak-hak anak
dimasa sekarang merupakan jaminan atas ketersediaan Sumber Daya Manusia unggul Maluku Barat Daya maupun Indonesia dimasa depan,"jelas Wabup.

Menurutnya, betapa pentingnya posisi anak sebagai elemen dari masyarakat, maka sejak tahun 1984 Pemerintah
menetapkan tanggal 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional (HAN).

"Peringatan Hari Anak Nasional dilaksanakan setiap tahun baik ditingkat pusat maupun daerah. Hal ini menjadi pengingat bagi kita semua bahwa
anak merupakan individu yang unik dan penuh dengan potensi,"ungkapnya.

Kilikily mengingatkan, Peringatan Hari Anak Nasional merupakan momentum penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh, berkembang, dan
berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat
perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

"Pelaksanaan Hari Anak Nasional tahun 2022 ini sudah mulai memasuki pasca pandemi, dimana terjadi perubahan dalam pola kehidupan anak, sehingga mengalami berbagai persoalan, antara lain penyesuaian kembali anak dalam kehidupan bermasyarakat, belajar, dan pemanfaatan waktu luang dengan tidak mengabaikan protokol kesehatan,"ujarnya.

Berdasarkan tantangan
tersebut, Wabup katakan, maka tema Hari Anak Nasional tahun 2022 adalah "Anak Terlindungi, Indonesia Maju".
Tema Hari Anak Nasional tahun 2022
diambil sebagai motivasi bahwa pandemi tidak menyurutkan komitmen untuk tetap melaksanakan Hari Anak Nasional tahun ini dan mendorong langsung berbagai pihak untuk memberikan kepedulian langsung di tengah-tengah masyarakat dan memastikan anak-anak Indonesia
tetap tangguh menghadapi berbagai tantangan kepedulian dalam pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak pada pasca pandemi COVID-19.

Dirinya juga menegaskan, maraknya kekerasan terhadap anak adalah salah satu dampak negatif dari perkembangan teknologi, internet mampu menyajikan segala informasi termasuk hal-hal yang negatif yang dapat diakses oleh anak-anak.

" Di Maluku Barat Daya sendiri tercatat dari Tahun 2020 sampai awal tahun
2022 terdapat berbagai kasus
kekerasan terhadap anak. Oleh karena hal tersebut, beberapa waktu yang lalu Pemerintah Daerah telah meluncurkan program inovasi "Selamat" yang artinya Selalu Menjadi Teman, yang dalam hal ini diharapkan agar semua elemen dimanapun berada untuk dapat menjadi teman bagi seluruh anak di Maluku Barat Daya, sehingga tidak terjadi lagi tindak kekerasan terhadap anak,"ungkapnya.

Untuk itu, Wabup nyatakan, melalui program inovasi Selamat, Pemerintah Daerah telah bekerjasama dengan Klasis Leti Moa Lakor untuk layanan konseling dan
Yayasan Gasera untuk pengadaan rumah aman bagi korban kekerasan terhadap Anak dan Perempuan yang pada saatnya akan dibentuk relawan Selamat pada setiap Kecamatan di Kabupaten Maluku Barat Daya.

"Tentu ini menjadi pekerjaan tambahan orang tua, guru dan kita semua untuk melindungi dan menjamin pemenuhan hak anak demi kebaikan anak-anak kita di masa depan. Oleh karena itu, marilah kita
bersama-sama memikirkan jauh ke depan bagi anak-anak kita demi masa depan Maluku Barat Daya nantinya,"himbau Kilikily.

Dikatakannya, semua orang pasti berharap, bahwa masa depan daerah Maluku Barat Daya akan dikelola oleh insan-insan berintegritas, berkompeten dan berbudaya.
Dipundak anak-anak inilah masa depan negeri kalwedo ini berada

Wabup juga nyatakan, sesuai dengan Keputusan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, maka dalam waktu dekat Kabupaten Maluku Barat Daya akan menerima kunjungan dari ibu Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Pencanangan Model Desa Ramah
Perempuan dan Peduli Anak yaitu
Desa Kroing di Kecamatan Babar Timur dan Desa Kaiwatu di Kecamatan Moa sebagai Model Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak , sebagaimana telah ditetapkan dengan Keputusan Bupati Maluku Barat Daya.

"Sebagai implementasi dari perlindungan dan pemenuhan hak anak, akan dibentuk Forum Anak Kabupaten sampai pada tingkat Desa, dimana anak akan turut terlibat dalam pembangunan dengan
menyuarakan hak anak dan sebagai wujud dari kepedulian terhadap Pelayanan Perempuan dan Anak telah
dibentuk Tim Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) di Kabupaten Maluku Barat Daya.

Wabup menghimbau orang tua dan guru untuk mengembangkan disiplin pada anak, serta bantu anak untuk meningkatkan ketrampilan dan percaya diri, baik mengembangkan kontrol diri serta membimbing anak untuk dapat membuat keputusan yang dengan tetap menunjukan sikap
respek dan hormat kepada orang lain.

Diakhir sambutannya, Kilikily berpesan agar anak-anak di Kabupaten Maluku Barat Daya dapat memanfaatkan waktu dengan baik dan benar, menghormati orang tua dan guru, cintai keluarga,
masyarakat, teman, tanah air, bangsa
dan negara.

" Tunaikanlah ibadah, taatilah etika dan jadilah insan berahlak mulia, bangunlah solidaritas, kesetiakawanan dan
toleransi serta semangat untuk maju,
berprestasi dan berbagi.
Selamat Hari Anak Nasional semoga
anak-anak Maluku Barat Daya benar-benar menjadi anak yang berbudaya, mencerminkan identitas dan karakter dalam kehidupan berbangsa dan bertanah air Indonesia,"tutupnya. (indonesiatimur.co)

Mantan PM Albania Sali Berisha Sebut Dirinya Dilarang Masuk Inggris

Posted: 23 Jul 2022 04:00 AM PDT


DISTRIK TIRANE, LELEMUKU.COM - Mantan Perdana Menteri dan Presiden Albania Sali Berisha hari Jumat (22/7) mengatakan dirinya dilarang memasuki Inggris akibat keterlibatannya dalam tindak kejahatan terorganisir dan korupsi – tuduhan yang ia tolak.

Pada hari Kamis (21/7), Kedutaan Besar Inggris di ibu kota Albania, Tirana, mencuit bahwa "pekan ini Inggris telah mengambil tindakan disruptif terhadap sejumlah orang Albania yang memiliki kaitan dengan tindak kejahatan dan korupsi," tanpa menyebut siapa saja orang-orang itu.

Meski demikian, Berisha – presiden pertama Albania yang dipilih secara demokratis setelah kejatuhan komunisme, yang kini memimpin partai oposisi pemerintahan – mengonfirmasi bahwa dirinya termasuk di antara orang-orang yang dilarang memasuki Inggris.

"Saya diberitahu lewat surat bahwa Menteri Dalam Negeri telah memutuskan untuk melarang saya memasuki Inggris," kata Berisha.

Ia menambahkan, surat itu mengaitkannya dengan "kejahatan terorganisir dan kelompok kriminal" – tuduhan-tuduhan yang disebutnya fitnah.

Ia menuduh pesaing politik utamanya – Perdana Menteri Albania Edi Rama – dan miliarder AS George Soros berada di balik tuduhan-tuduhan tersebut.

Pria berusia 77 tahun itu juga dilarang memasuki AS tahun lalu atas "tindak korupsi selama menjabat perdana menteri."

Berisha, seorang ahli jantung, membentuk Partai Demokrat berhaluan kanan-tengah pada tahun 1990 dan terpilih dua tahun kemudian sebagai presiden negara Balkan itu. Ia menjabat posisi itu hingga 1997.

Pada 2005, partainya memenangkan pemilihan legislatif dan membuatnya terpilih sebagai perdana menteri, jabatan yang diembannya hingga 2013.(VOA)

Gubernur Texas Greg Abbott Angkut Imigran Ilegal ke Washington dengan Bus

Posted: 23 Jul 2022 03:33 AM PDT


AUSTIN, LELEMUKU.COM - Upaya baru yang dipimpin Partai Republik untuk memprotes cara pemerintahan Presiden AS Joe Biden menangani masalah imigrasi yang memecahkan rekor di perbatasan AS-Meksiko berujung pada diangkutnya ribuan pencari suaka dengan bus-bus ke Ibu Kota AS, Washington, D.C.. Tindakan itu membuat khawatir berbagai LSM dan pegiat hak-hak imigran.

Gubernur Texas Greg Abbott meluncurkan program itu April lalu. Ia menyewa bus-bus untuk mengangkut para imigran yang baru saja tiba di AS melalui perbatasan sisi selatan Amerika ke Washington, D.C..

Ia mengumumkan program itu setelah pemerintah Biden menyatakan akan menghentikan kebijakan Title 42, kebijakan keimigrasian pada masa pandemi yang mengizinkan pihak berwenang menolak kedatangan para imigran di perbatasan AS-Meksiko. Meski upaya untuk mencabut kebijakan itu diblokir oleh pengadilan-pengadilan federal, Texas tetap saja menjalankan programnya dan mengangkut para imigran dengan bus ke Washington.

Gubernur Arizona Doug Ducey, sesama anggota Partai Republik, meniru langkah Abbott dan mulai mengangkut para imigran dengan bus ke ibu kota negara sejak Mei lalu.

Tiga bulan setelah program itu dimulai, pejabat setempat menyebut lebih dari 3.400 orang telah tiba di Washington dengan bus. Berbagai lembaga swadaya masyarakat mengaku kewalahan.

Kenapa Gubernur Texas Melakukan Ini?

Menurut Abbott, kebijakan era pandemi itu diberlakukan untuk membantu para pejabat setempat yang lingkungan perbatasannya dikuasai oleh para pencari suaka.

"Kami mengirim mereka (para imigran ilegal) ke Ibu Kota Amerika Serikat, di mana pemerintah Biden akan mampu dengan lebih cepat memenuhi kebutuhan orang-orang yang mereka izinkan melintasi perbatasan kami," kata Abbott dalam konferensi pers 6 April lalu.

Kantor gubernur Texas menyatakan, perjalanan dengan bus itu bersifat sukarela dan para imigran hanya boleh mengikutinya apabila sudah diproses dan dilepaskan Departemen Keamanan Dalam Negeri. Mereka harus menunjukkan dokumen yang diterima dari petugas keimigrasian AS untuk membuktikan bahwa mereka telah diproses.

Dari Mana Asal Para Imigran Ilegal Ini?

Imigran asal Nikaragua, Venezuela, Kolombia, Angola, Republik Demokratik Kongo dan Kuba diberangkatkan menggunakan bus ke ibu kota AS setelah mereka memenuhi pemeriksaan keimigrasian federal di perbatasan, menurut kantor gubernur Texas dan LSM-LSM di Washington.

Berapa Banyak Bus yang Sudah Tiba di Washington?

Pejabat kota Washington memperkirakan ada 100 bus yang telah sampai di kota itu. Mereka biasanya tiba di pertengahan minggu, beberapa di antaranya pada tengah malam setelah melalui perjalanan selama tiga hari dari Texas.

Mantan Juru Bicara Gedung Putih Jen Psaki menyebut langkah itu sebagai "aksi publisitas," sementara American Civil Liberties Union of Texas menyebut program itu bermotif politik. Anggota DPR dari negara bagian Texas Matt Schaefer, yang sesama anggota Partai Republik, menyebutnya sebagai gimik.

Di sisi lain, Abbott berkukuh dengan pandangannya. Ia mencuit pada hari Jumat, "Biden tidak akan mengunjungi perbatasan, maka itu kami yang membawa perbatasan ke hadapannya. DC hanya menyaksikan sebagian kecil dari krisis yang dihadapi Texas setiap hari." (VOA)

Jokowi Dukung Kenaikan Harga Tiket Taman Nasional Komodo

Posted: 23 Jul 2022 03:22 AM PDT


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo menyatakan mendukung kebijakan kenaikan harga tarif tiket masuk Taman Nasional Komodo menjadi Rp3,75 juta yang berlaku mulai 1 Agustus.

Jokowi menjelaskan, kenaikan harga tiket tersebut merupakan upaya pemerintah untuk menjaga kelestarian kawasan konservasi dan menjaga perekonomian agar tetap tumbuh lewat kedatangan para wisatawan. Saat ini tiket harga masuk ke taman nasional tersebut hanya dibanderol di Rp150.000.

Lebih jauh, ia menuturkan bahwa di Labuan Bajo, Komodo ini tersebar di beberapa pulau, yakni Pulau Komodo, Pulau Padar dan Pulau Rinca. Setelah dilakukan pembicaraan, telah diputuskan bahwa wilayah konservasi akan bertempat di Pulau Komodo dan Pulau Padar.

"Yang untuk wisatawan diberikan Pulau Rinca sehingga ini kita benahi untuk wisatawan dan juga untuk komodonya. Komodo di Pulau Rinca, dan di Pulau Komodo itu juga komodonya sama, wajahnya juga sama. Jadi kalau mau lihat Komodo silakan di Pulau Rinca, di sini ada Komodo. Mengenai bayarnya berapa tetap. Tapi kalau mau misalkan "Pak saya pengen sekali lihat yang di Pulau Komodo" ya silahkan juga, tapi ada tarifnya yang berbeda," jelasnya.

Ia menilai kebijakan tersebut sudah tepat, sehingga tidak ada yang perlu

Libatkan Semua Stakeholder Pariwisata
Pengamat Pariwisata Taufan Rahmadi mengatakan, mengacu kepada Global Quote of Ethic for Tourism dari UNWTO, kebijakan di bidang pariwisata harus mengacu kepada tiga hal.

Pertama, katanya, kebijakan tersebut harus bisa memastikan kelestarian daripada destinasi wisata. Kedua, harus ada keberlanjutan ekosistem yang ada di setiap destinasi pariwisata, dan ketiga terkait kesejahtreraan, yakni menyangkut masyarakat yang hidup di sekitar kawasan destinasi.

Maka dari itu, menurutnya sebuah kebijakan harus bisa mengakomodasi semua kepentingan stakeholder pariwisata, yakni tidak hanya pemerintah dan investor, tetapi juga ada masyarakat dan komunitas yang perlu diajak berbicara sebelum memberlakukan sebuah kebijakan.

"Saya melihat mereka sampai bersurat ke Presiden, ini juga perlu diberikan atensi kawan-kawan ini sehingga kebijakan terkait harga tiket Rp3,75 juta itu saran saya bisa dikaji ulang , bisa diajak bersama kawan-kawan urung rumbuk terkait hal ini," katanya.

"Sehingga apa yang menjadi kekhawatiran kawan-kawan itu bisa didengar oleh Bapak Presiden ataupun pemerintah sehingga kedua belah pihak bisa menemukan solusi bersama terkait permasalahan ini," tambah Taufan.

Lalu apakah kenaikan tarif tiket masuk Taman Nasional Komodo hingga Rp3,75 juta ini diperlukan? Taufan menjawab sebenarnya yang bisa merumuskan besaran tarif tiket tersebut adalah merupakan kesepatan bersama antara pihak stakeholder terkait. Namun, menurut para asoasiasi maupun agen travel di Labuan Bajo harga tersebut dinilainya cukup mahal. Mereka, ujar Taufan, khawatir bahwa bisnis mereka akan semakin terpuruk.

"Saya melihat sebenarnya kawan-kawan ini dia memahami tentang pentingnya konservasi, masyarakat di sekitar lingkar Komodo itu juga merasa mereka punya tingkat kesadaran terkait menjaga destinasinya pun semakin tinggi. Yang tadinya informasinya suka melakukan kegiatan yang merusak , seperti pengeboman di sana, sekarang sudah menghindari untuk tidak melakukan itu," katanya.

"Artinya, kesadaran masyarakat di sana agar tidak merusak destinasi ada, karena periuk mereka ada di pariwisata. Jadi kalau bicara 3,7 juta itu pasti mahal artinya bagi market pariwisata itu yang selama ini mereka layani. Sehingga ada resistensi, kekhawatiran besar nanti wisatawan dari segmentasi tertentu akan mengurungkan niatnya untuk jalan-jalan ke Komodo," ujar Taufan. (VOA)

Joe Biden Banggakan Penurunan Harga Bensin di Amerika

Posted: 23 Jul 2022 03:16 AM PDT


WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Presiden AS Joe Biden membanggakan penurunan harga bensin saat menggelar pertemuan virtual dengan tim ekonominya hari Jumat (22/7). Ia mengatakan, harga bensin di SPBU "menurun setiap hari sepanjang musim panas selama 38 hari berturut-turut."

"Saya terus berusaha memastikan agar ketika harga minyak turun, harga di SPBU turun saat itu juga," kata Biden dalam pertemuan itu. "Kabar baiknya penurunan ini sedang terjadi, tapi tidak terjadi cukup cepat. Kita sudah membuat kemajuan, tapi harganya masih tetap terlalu tinggi."

Biden mengatakan pemerintahannya akan mencari cara untuk meningkatkan produksi minyak dari tambang dan izin yang sudah ada. Ia juga menyerukan industri minyak AS untuk turut berkontribusi.

"Pesan saya kepada perusahaan-perusahaan ini: gunakan izin (yang sudah diberikan) atau lepaskan izin-izin itu," kata Biden. "Kedua, saya memberi tahu pihak industri: Anda mendapatkan keuntungan mencapai rekor berkat perang Putin di Ukraina. Gunakan keuntungan itu untuk meningkatkan produksi dan proses pemurnian. Jangan gunakan keuntungan itu untuk membeli kembali saham dan dividen Anda."

Biden mengatakan, sambil berusaha terus menurunkan harga bensin di Amerika, solusi jangka panjangnya adalah "ekonomi energi bersih" yang berfokus pada energi terbarukan dan kendaraan listrik yang lebih terjangkau.

Biden menghadiri pertemuan itu secara virtual melalui layar besar, setelah ia dinyatakan positif mengidap COVID-19 pada Kamis (21/7).

Para wartawan diperkenankan memasuki auditorium Gedung Putih, di mana para penasihat duduk, untuk menyaksikan beberapa menit pertama pertemuan itu. Ketika mereka menanyakan kabarnya, Biden mengacungkan jempol tangannya.

Suara sang presiden terdengar lebih rendah selama pertemuan, namun ia mengaku "merasa lebih baik dari pada kedengarannya."

Presiden baru saja menyelesaikan hari pertama pengobatan Paxlovid, obat antivirus untuk mengurangi tingkat keparahan COVID-19. Gejala utama yang dialami Biden antara lain pilek, pusing dan batuk ringan, menurut Dr. Kevin O'Connor. (VOA)

Jokowi akan bertemu Presiden China Xi Jinping di Beijing Pekan Depan Bahas G20

Posted: 22 Jul 2022 07:58 PM PDT


JAKARTA, LELEMUKU.COM -Presiden Joko Widodo akan mengunjungi China, Jepang dan Korea Selatan minggu depan ditengah upaya Indonesia untuk mencari kesamaan pandangan menjelang Konferensi Tingkat Tinggi G20 pada November dimana anggota kelompok negara dengan ekonomi utama itu saat ini terpecah karena perang Rusia di Ukraina.

"Sebagaimana kita ketahui, ketiga negara tersebut merupakan mitra strategis Indonesia di bidang ekonomi," kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno Marsudi kepada jurnalis dalam keterangan persnya, menambahkan China, Jepang dan Korea juga merupakan mitra strategis Indonesia dan ASEAN.

Di Beijing, Jokowi akan bertemu dengan Presiden China Xi Jinping, yang jarang menerima kunjungan kepala negara asing sejak pandemi COVID-19 mulai melanda negara tersebut pada akhir 2019.

"Presiden Joko Widodo adalah kepala negara asing pertama yang mengunjungi China sejak Olimpiade Musim Dingin Beijing, dan China akan menjadi perhentian pertama dalam perjalanan pertamanya ke Asia Timur sejak awal COVID-19," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin.

Jokowi mengunjungi Beijing pada 26 Juli, kemudian langsung bertolak ke Tokyo esok harinya dan mengakhiri kunjungan kerjanya di Seoul pada 28 Juli, kata Retno.

"Fokus kunjungan adalah membahas penguatan kerja sama ekonomi, khususnya di bidang perdagangan dan investasi," tambah Menlu.

Retno menekankan bahwa China merupakan mitra dagang Indonesia terbesar dengan total nilai perdagangan US$110 miliar (Rp 1.652,7 triliun) pada 2021 dan merupakan investor ketiga terbesar dengan total nilai investasi sekitar US$3,2 miliar pada tahun lalu.

Wang Wenbin, mengatakan Jokowi dan pemimpin China akan bertukar pandangan mendalam tentang hubungan bilateral dan isu-isu besar regional dan internasional.

Mereka juga akan membahas tentang KTT G20 dan bagaimana menghadapi tantangan global serta berkontribusi lebih banyak pada kesetaraan dan keadilan global, kata Wang, seperti dikutip kantor berita Xinhua.

Di Tokyo, Jokowi akan bertemu Perdana Menteri Fumio Kishida.

Jokowi kemudian akan bertemu dengan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol dan kalangan bisnis lokal di penghujung tur ke Asia Timur itu.

Upaya sukseskan presidensi G20

Agus Haryanto, dosen hubungan internasional di Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, mengatakan Jokowi mengunjungi ketiga negara itu untuk kepentingan sebagai presidensi G20, calon ketua ASEAN pada 2023, dan hubungan bilateral.

"Indonesia ingin menunjukkan baik ke publik internasional ataupun masyarakat Indonesia mengenai kesuksesan kita menyelenggarakan G20 di tengah krisis perang Rusia-Ukraina," kata Agus kepada BenarNews.

Sementara Barat menginginkan Rusia untuk tidak diundang ke KTT G20 sebagai protes atas invasi Kremlin ke Ukraina, anggota lainnya seperti Indonesia, China dan India menolak untuk memboikot Moskow.

Namun demikian, Indonesia juga mengundang Ukraina yang bukan anggota G20 sebagai tamu. Sebelumnnya Presiden  AS Joe Biden sempat menyatakan kepada para anggota G20 agar Ukraina diundang ke perhelatan tersebut jika Rusia tidak dikeluarkan.

Pertemuan menteri luar negeri G20 di Bali beberapa minggu lalu diwarnai dengan keluarnya Menlu Rusia Sergey Lavrov dari sesi pertemuan di tengah kecaman terhadap Kremlin atas invasinya terhadap Ukraina.

Menlu Retno dalam pertemuan itu mengatakan bahwa partisipan KTT Menlu G20 prihatin atas dampak dari konflik Rusia-Ukraina terhadap pangan, energi dan keuangan global.

Jokowi, yang melawat ke Ukraina dan Rusia bulan lalu dalam kunjungan yang disebutnya sebagai "misi perdamaian" telah memperingatkan bahwa krisis pangan global yang disebabkan oleh perang Rusia di Ukraina itu akan menyebabkan masyarakat di negara-negara berkembang dan miskin akan jatuh ke dalam "jurang kemiskinan dan kelaparan yang ekstrem".

Pengamat dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ramdhan Muhaimin, juga mengatakan kunjungan Jokowi ke China, Jepang dan Korea Selatan itu terkait G20.

"Ketiga negara itu juga anggota G20 di mana Indonesia adalah presidennya," ujar Ramdhan.

"Saya kira kunjungan ini juga dalam konteks tersebut, di mana Indonesia sedang membangun komunikasi sangat proaktif dengan anggota-anggota G20 di luar pertemuan formal."

Ia juga mengatakan kunjungan Jokowi itu terkait keeratan hubungan antara ASEAN dan ketiga negara Asia Timur itu.

"Investasi dan bantuan dari ketiga negara tersebut terhadap pembangunan Asia Tenggara pasca krisis sangat signifikan," kata Ramdhan.

Hingga saat ini, kata dia, relasi regional kedua kawasan sangat erat dan berlangsung baik, sehingga sangat wajar jika bantuan dan investasi China, Jepang dan Korsel bertaburan di Asia Tenggara, khususnya Indonesia.

Selain itu, kata Ramdhan, isu Laut China Selatan juga menjadi masalah penting yang perlu diselesaikan dengan diplomasi politik dalam pertemuan ketiga negara tersebut, terutama dengan China.

Jepang, Korsel, dan China punya kepentingan nasional saling berseberangan, dan histori mereka yang terlibat konflik di masa lalu, kata dia.

"Di sisi lain, perairan mereka berterusan dengan Laut China Selatan, dimana China dalam hal ini ada urusan dengan Indonesia terkait klaim unilateralnya terhadap kedaulatan Indonesia di Natuna.

Menurut Ramdhan, di kawasan Laut China Timur hingga ke Laut China selatan adalah hotspot konflik internasional.

"Jika kawasan ini meledak konfliknya, dampak secara langsung akan dirasakan Indonesia. Karena itu Indonesia sebagai backbone Asia Tenggara perlu terus berkomunikasi diplomatik dengan negara-negara Asia Timur," ujarnya. (BenarNews)

Korea Selatan Rencana untuk Cabut Akess Publik TV dan Surat Kabar Pada Korea Utara

Posted: 22 Jul 2022 07:31 PM PDT


SEOUL, LELEMUKU.COM - Korea Selatan berencana mencabut larangan yang telah berlaku puluhan tahun terhadap akses publik ke televisi, surat kabar dan media lain Korea Utara, sebagai bagian dari upayanya mempromosikan saling pengertian antara kedua negara, kata para pejabat. Langkah ini direncanakan meskipun masih ada permusuhan terkait uji coba rudal Korea Utara baru-baru ini.

Terbagi di perbatasan yang paling dijaga ketat di dunia sejak 1948, kedua Korea melarang warga negara mereka untuk mengunjungi wilayah negara lainnya, saling menelepon, berkirim email dan surat. Mereka juga menutup akses ke situs web dan stasiun TV pihak lainnya.

Dalam laporan kebijakan kepada presiden Yoon Suk Yeol pada hari Jumat (22/7), Kementerian Unifikasi mengatakan secara bertahap akan membuka pintu bagi badan penyiaran, media dan publikasi Korea Utara dalam upaya meningkatkan saling pengertian, memulihkan identitas nasional Korea dan mempersiapkan unifikasi pada masa mendatang.

Para pejabat kementerian mengatakan Korea Selatan akan mulai mengizinkan akses ke badan penyiaran Korea Utara dalam upaya mendorong Korea Utara untuk mengambil langkah serupa. Kementerian menolak memberikan rincian lebih lanjut, dengan mengatakan rencana itu masih dibahas dengan pihak berwenang terkait di Korea Selatan.

Jeon Young-sun, profesor riset di Konkuk University, Seoul, mengatakan, Korea Utara kemungkinan besar tidak melakukan langkah setimpal karena arus konten media dan budaya Korea Selatan akan menjadi "ancaman sangat besar" terhadap kepemimpinan otoriternya.

Dipimpin oleh tiga generasi dalam keluarga Kim sejak berdiri pada tahun 1948, Korea Utara membatasi dengan ketat akses warganya ke informasi dari luar, meskipun banyak pembelot yang mengatakan mereka menonton berbagai acara TV Korea Selatan yang diselundupkan sewaktu masih tinggal di Korea Utara.

Pada tahun 2014, pasukan Korea Utara melepaskan tembakan ketika para aktivis Korea Selatan meluncurkan balon-balon yang membawa stik USB yang memuat informasi mengenai dunia luar dan selebaran yang mengkritik keluarga Kim. Balon-balon tersebut diluncurkan ke wilayah Korea Utara.

Hubungan antara kedua Korea masih tegang terkait uji coba rudal Korea Utara tahun ini. Yoon, seorang konservatif, telah mengatakan ia akan mengambil sikap lebih keras terhadap provokasi Korea Utara, meskipun ia mengatakan ia memiliki "rencana berani" untuk meningkatkan ekonomi Korea Utara jika negara itu meninggalkan senjata nuklirnya. (VOA)

Hasil Kunjungan Olena Zelenska ke Washington Mulai Mewujud

Posted: 22 Jul 2022 06:44 PM PDT


WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Hasil kunjungan Ibu Negara Ukraina Olena Zelenska ke Washington mulai mewujud, kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dalam pidato harian, Kamis (21/7).

Zelenskyy mengatakan Senator AS James Risch, Benjamin Cardin, Roger Wicker, Richard Blumenthal, Rob Portman, Jeanne Shaheen dan Lindsey Graham mengajukan rancangan resolusi mengenai pengakuan bahwa tindakan Rusia di Ukraina adalah genosida.

"Menurut dokumen rancangan itu," kata Zelenskyy, "Senat AS mengutuk Rusia karena melakukan tindakan genosida terhadap rakyat Ukraina; meminta AS, bersama-sama dengan sekutu NATO dan Uni Eropa, agar mendukung pemerintah Ukraina untuk mencegah lebih lanjut tindakan genosida Rusia terhadap rakyat Ukraina, mendukung pengadilan dan penyelidikan mahkamah kejahatan internasional untuk menuntut pertanggungjawabatan para pemimpin politik dan personel militer Rusia atas agresi, kejahatan perang, kejahatan terhadap kemanusiaan dan genosida."

"Dengan semua serangan terorisnya terhadap rakyat Ukraina dan negara kita, Rusia sedang mengubur diri sendiri," kata Zelenskyy.

Sementara itu, Zelenskyy mengatakan setelah mengadakan pertemuan dengan para pemimpin militer dan staf sebelumnya, mereka menyimpulkan, "Kita memiliki potensi signifikan mengenai kemajuan pasukan di garis depan dan menyebabkan korban baru yang signifikan di pihak penjajah."

Akan tetapi pasukan Rusia telah kembali menggempur kota-kota Ukraina dengan serangan jarak jauh, hanya sehari setelah menteri luar negeri Rusia memperingatkan bahwa Moskow sedang bersiap untuk memperluas perangnya di Ukraina di luar kawasan Donbas.

Para pejabat Ukraina pada Kamis mengatakan tembakan artileri Rusia menghantam banyak distrik, termasuk pasar di Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina, menewaskan tiga orang dan mencederai 23 lainnya.

Gubernur setempat Oleg Synegubov mengatakan korban tewas di antaranya adalah seorang anak-anak, sementara polisi dan pejabat lainnya mengatakan tidak ada target-target militer di sana.

"Pasukan Rusia secara acak menembaki Kharkiv, daerah-daerah permukiman yang damai, warga sipil terbunuh," kata Wali Kota Ihor Terekhov.

Juga Kamis, Gubernur Donetsk Pavlo Kyrylenko mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa rudal Rusia menghancurkan dua sekolah di Kramatorsk dan Kostiantynivka yang dikuasai Ukraina, dan sedikitnya satu rudal menghantam kota Bakhmut. (VOA)

Steve Banoon di Nyatakan Bersalah karena Tolak Penuhi Panggilan Kongres AS

Posted: 22 Jul 2022 06:30 PM PDT


WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Steve Bannon, sekutu lama mantan Presiden AS Donald Trump dinyatakan bersalah pada hari Jumat (22/7) atas dakwaan penghinaan karena menolak memenuhi subpoena, alias panggilan paksa, untuk hadir dalam sidang kongres yang diselenggarakan komite DPR AS yang menyelidiki pemberontakan ke gedung Kongres AS pada 6 Januari 2021.

Setelah menjalani persidangan selama empat hari di pengadilan federal di Washington, Bannon, 68 tahun, diputus bersalah atas dua dakwaan: pertama, menolak hadir untuk sebuah deposisi, dan kedua, menolak memberikan dokumen sebagai tanggapan atas panggilan paksa komite DPR. Dewan juri yang terdiri dari delapan laki-laki dan empat perempuan itu berunding kurang dari tiga jam.

Bannon akan menjalani sidang vonis hukuman pada 21 Oktober mendatang dengan ancaman hukuman maksimal dua tahun penjara federal. Masing-masing dakwaan membawa ancaman hukuman minimal 30 hari penjara.

Komite DPR meminta kesaksian Bannon atas keterlibatannya dalam upaya Trump untuk membatalkan hasil pemilihan presiden 2020.

Bannon awalnya berpendapat bahwa kesaksiannya dilindungi oleh klaim hak eksekutif Trump. Namun komite DPR dan Departemen Kehakiman meragukan klaim itu, karena Trump telah memecat Bannon dari Gedung Putih sejak 2017, sehingga Bannon sudah menjadi warga sipil ketika ia memberikan masukannya kepada sang mantan presiden menjelang kerusuhan 6 Januari.

Para pengacara Bannon mencoba membelanya selama persidangan dengan mengatakan bahwa klien mereka tidak menolak bekerja sama dan bahwa waktu untuk memenuhi panggilan itu "cair." Mereka merujuk pada perubahan sikap Bannon sesaat sebelum sidang digelar – setelah Trump mencabut keberatannya, di mana ia telah menawarkan diri untuk bersaksi di hadapan komite.

Dalam pernyataan penutup Jumat (22/7) pagi, kedua pihak kembali menekankan posisi utama mereka di persidangan. Pihak penuntut tetap berargumen bahwa Bannon dengan sengaja mengabaikan tenggat waktu yang jelas dan eksplisit, sementara pihak pembela meyakini bahwa tenggat waktu itu bersifat fleksibel dan dapat dinegosiasikan.

Bannon menerima panggilan paksa pada 23 September 2021 untuk memberikan dokumen-dokumen yang diminta komite paling lambat pada 7 Oktober 2021 dan hadir secara langsung di hadapan komite pada 14 Oktober. Bannon didakwa bulan November atas dua tuduhan penghinaan kriminal Kongres, sebulan setelah Departemen Kehakiman AS menerima rujukan komite DPR. (VOA)

Jokowi Resmikan SPAM Wae Mese II

Posted: 22 Jul 2022 06:19 PM PDT


LABUAN BAJO, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Joko Widodo meresmikan sistem penyediaan air minum (SPAM) Wae Mese II di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Jumat, 22 Juli 2022. SPAM Wae Mese II merupakan bagian dari penataan infrastruktur pendukung pariwisata di Labuan Bajo.

Saat memberikan keterangan seusai meninjau SPAM Wae Mese II, Presiden mengatakan bahwa penataan Labuan Bajo harus dilakukan secara terintegrasi, mulai dari penataan kawasan hingga ketersediaan listrik dan air. "Dari airnya, ketersediaan listriknya, penataan kawasan semuanya terpadu, sehingga kebutuhan-kebutuhan yang ada bisa dipenuhi," ujar Presiden.

SPAM Wae Mese II sendiri dibangun dengan nilai investasi mencapai Rp159 miliar. SPAM yang dibangun pada tahun 2020 ini bermanfaat untuk menyediakan kebutuhan air minum masyarakat di Labuan Bajo sebanyak 8.000 sambungan rumah atau setara dengan 40 ribu jiwa.

Lebih lanjut, Kepala Negara memandang bahwa pengembangan Labuan Bajo perlu dilakukan secara terpadu karena terjadi peningkatan investasi di Labuan Bajo utamanya di bidang perhotelan. "Saya melihat ada peningkatan investasi utamanya hotel-hotel yang sangat banyak di Labuan Bajo ini," tambahnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga telah meresmikan sejumlah infrastruktur pendukung pariwisata lain di Labuan Bajo seperti perluasan bandara, penataan kawasan di Pulau Rinca, penataan kawasan Marina Labuan Bajo, dan sistem pengelolaan sampah Warloka. Penataan tersebut, kata Presiden, merupakan upaya pemerintah demi tercapainya kesejahteraan masyarakat sekitar.

"Kita ini masih memiliki pekerjaan membangun jalan, memperlebar jalan agar tujuan akhir dari penataan seluruh kawasan yang ada adalah kesejahteraan masyarakat di NTT, khususnya di Manggarai Barat, lebih khusus di Labuan Bajo," ucap Presiden saat meresmikan Penataan Kawasan Marina Labuan Bajo dan Sistem Pengelolaan Sampah Warloka yang digelar di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Marina, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Kamis, 21 Juli 2022.

Turut mendampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Gubernur NTT Viktor Laiskodat, dan Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi. (Setpres)

Pemilik Homestay Tawarkan Menginap Gratis ke Jokowi

Posted: 22 Jul 2022 05:56 PM PDT


LABUAN BAJO, LELEMUKU.COM - Mengawali agenda kunjungan kerjanya di hari kedua di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Jumat, 22 Juli 2022, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi meninjau Proyek Pengembangan Sarana Hunian Pendukung Kawasan Pariwisata, Kampung Baru, Labuan Bajo.

Ada hal menarik saat Presiden dan Ibu Iriana mendatangi sebuah kios sekaligus pondok wisata (homestay) yang dimilili warga, Presiden Jokowi ditawari menginap gratis oleh pemilik homestay tersebut.

"Kalau bapak yang menginap gratis pak," ujar Riyadi pemilik kios dan homestay Avifah saat ditanya tarif pondok wisatanya oleh Presiden.

Jawaban tersebut membuat Presiden dan Ibu Iriana tersenyum dan kembali menanyakan berapa tarif pondok wisatanya per malam untuk wisatawan. "Seratus ribu rupiah per malam Pak," jawab Riyadi.

Presiden pun menitipkan kepada Riyadi dan juga sejumlah pemilik pondok wisata di Kampung Baru tersebut untuk menjaga dan memelihara sarana dan prasarana serta bangunan yang sudah diperbaiki oleh pemerintah pusat tersebut.(Setpres)

Jokowi Tinjau Proyek Pengembangan Sarana Hunian di Labuan Bajo

Posted: 22 Jul 2022 05:39 PM PDT


LABUAN BAJO, LELEMUKU.COM - Pemerintah tengah berupaya untuk melakukan peningkatan kualitas rumah swadaya untuk usaha pondok wisata (homestay) di Kawasan Pantai Marina, Labuan Bajo. Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa penataan kawasan tersebut bertujuan agar masyarakat sekitar bisa mendapatkan manfaat dari pariwisata di Labuan Bajo.

Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo dalam keterangannya saat meninjau Proyek Pengembangan Sarana Hunian Pendukung Kawasan Pariwisata di Kampung Baru, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, pada Jumat, 22 Juli 2022.

"Yang dilakukan ini adalah penataan kawasan, jadi penataan kawasan Marina tidak hanya urusan penataan plasa, ada amfiteater, tapi juga penataan kampung. Penataan kampung ini diarahkan agar hunian-hunian yang ada itu bisa juga mendapatkan manfaat dari adanya pariwisata yang ada di Labuan Bajo," ujar Presiden.

Kepala Negara menuturkan bahwa saat ini pemerintah tengah berupaya memperbaiki kawasan rumah tidak layak huni menjadi layak huni, sekaligus meningkatkan kualitas rumah dengan fungsi usaha. Hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar Labuan Bajo.

"Pemerintah pusat bersama-sama dengan pemda melakukan rehab rumah per rumah, ada yang untuk dari rumah biasa menjadi pelaku usaha kios, kemudian dibuat homestay. Sehingga pariwisata di Labuan Bajo ini betul-betul juga memiliki manfaat untuk yang kecil-kecil, bukan hanya untuk yang bintang 4 bintang 5, tapi yang kecil-kecil itu juga bisa mendapatkan manfaat sehingga naik kesejahteraannya," tutur Presiden.

Selanjutnya, Presiden pun menegaskan pentingnya menjaga fasilitas-fasilitas yang telah tersedia, baik dalam aspek pemeliharaan maupun kebersihan. Selain itu, Kepala Negara menginstruksikan pemerintah setempat untuk memberikan pelatihan kepada pelaku wisata homestay.

"Saya sampaikan kepada Pak Bupati Manggarai Barat, Pak Gubernur NTT agar (di) lapangan mengenai sampah, pemeliharaan toilet, kemudian training kepada pelaku-pelaku wisata homestay itu terus dilakukan. Karena yang diperlukan adalah ke sana," ucap Kepala Negara.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi mengatakan bahwa upaya penataan kawasan hunian di kawasan-kawasan pariwisata di Tanah Air akan terus dilakukan, sehingga usaha-usaha kecil juga dapat merasakan manfaatnya.

"Terakhir di Mandalika juga kita buat seperti ini, kemudian di Labuan Bajo kita buat seperti ini. Nanti di Likupang juga akan seperti itu, jadi semuanya yang kecil-kecil semua dilibatkan, di Borobudur juga, di Toba juga, semuanya. Masyarakat dilibatkan artinya yang dapat manfaat itu bukan hanya yang gede-gede saja," tutur Presiden.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana pada kegiatan tersebut yaitu Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, dan Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi. (Setpres)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel